Loading...

Sejarah di Balik Logo Barber Shop

DivisiUnik -  Sejarah di Balik Logo Barber Shop . Simbol unik dengan ciri khas dengan dua warna utama merah dan putih. Logo atau simbol ini...

DivisiUnikSejarah di Balik Logo Barber Shop. Simbol unik dengan ciri khas dengan dua warna utama merah dan putih. Logo atau simbol ini memang sudah menjadi ciri khas bagi Barber Shop(Tukang Cukur). Pernahkan terbesit mengapa simbol Barber Shop harus tiang merah putih seperti itu? Kenapa tidak logo dengan pisau atau gunting untuk mencukur?

Tiang barber shop pertama kali muncul pada abad pertengahan di Eropa. Tanda tersebut digunakan sebagai simbol kecil klinik kecil untuk operasi. Pada jaman tersebut melakukan operasi dengan bantuan seorang dokter adalah sesuatu yang sangat mahal. Sehingga masyarakat kelas menengah ke bawah, meminta bantuan tukang cukur untuk melakukan tugas operasi tersebut.

Dengan kata lain, tukang cukur pada masa tersebut memiliki tugas ganda. Selain mencukur rambut atau janggut, mereka juga dengan senang hati menerima permintaan melakukan operasi kecil. Semacam mencabut gigi, mengoperasi amandel, atau menghilangkan batu empedu.

Di masa lalu tukang cukur memiliki tugas lain sebagai dokter. Prosedur operasi yang seringkali digunakan adalah dengan metode  "bloodletting", yakini menyayat bagian pergelangan tangan pasien dan membiarkan darah mengalir keluar bersama dengan penyakit yang di derita sang pasien. Untuk mempermudah proses tersebut, tangan sang pasien dibalut dengan perban berwarna putih. Sehingga nampak kesan balutan warna merah putih yang silir berganti. Sehingga hal tersebut yang menjadi inspirasi simbol barber shop.
Unik 3278098621065239954

Posting Komentar

emo-but-icon

Beranda item

ADS

Popular Posts

Labels

Random Posts

Flickr Photo